11.02.2011

Kriteria Artikel Bagus


Suatu artikel bagus mencerminkan hasil karya yang baik pada Wikipedia dan menampilkan standar yang baik pada penulisan dan presentasi. Di samping harus memenuhi sebagian besar kebutuhan standar bagi artikel Wikipedia, artikel-artikel bagus haruslah:
  1. Ditulis dengan baik, luas, memiliki fakta akurat, netral, tetap fokus pada topik dan stabil
    • "Ditulis dengan baik" berarti bahwa prosanya menarik, dan ditulis dengan cukup baik.
    • "Luas" berarti bahwa artikel membahas semua aspek utama
    • "Fakta akurat" berarti bahwa pernyataan-pernyataan dapat dipastikan ke sumber terpercaya dan secara akurat merepresentasikan materi pengetahuan yang terpublikasi. Pernyataan didukung dengan bukti spesifik dan kutipan luar ini mencakup pengisian bagian "Referensi" yang mencantumkan sumber, dan jika memungkinkan, dilengkapi dengan kutipan dalam badan artikel.  mengutip sumber untuk informasi kapan dan bagaimana referensi dapat diberikan dan untuk saran pemformatan referensi; bentuk catatan kaki dianjurkan untuk ini.
    • "Netral" berarti bahwa artikel mewakili pandangan secara adil dan tanpa bias  namun, artikel tidak harus memberikan liputan terhadap pandangan minoritas secara berimbang.
    • "Stabil" berarti bahwa artikel bukan merupakan bahan perang suntingan dan bahwa isinya tidak berubah secara berarti dari hari ke hari; pembalikan vandalisme dan pengembangan berdasarkan usulan peninjau tidak termasuk dalam pengertian ini.
  2. Sesuai dengan standar yang diatur dalam pedoman gaya, termasuk:
    • Bagian pembuka yang menyimpulkan seluruh topik dan menyiapkan pembaca untuk detil lebih lanjut dalam bagian-bagian berikutnya;
    • Sistem hirarki judul yang baik; serta
    • Bagian daftar isi yang cukup tapi tak berlebihan 
  3. Memiliki gambar yang tepat untuk subyek, dengan keterangan gambar yang mencukupi dan status hak cipta yang dapat diterima.
  4. Memiliki panjang yang pantas, tetap fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detil yang tak perlu

Tidak ada komentar :